Pages

Jumat, 08 November 2013

Mengetiklah dengan 10 jarimu.

       Gue rasa mengetik adalah salah satu kegiatan yang paling sering kita lakukan selama kuliah, bahkan mungkin setelah kuliah. Mengetik seperti mengalir saja, kita mengandalkan Jurus 11 jari kita ... Ciiiiiaaat,... tanpa kita berpikir untuk melatih teknik mengetik 10 jari, kan bisa lebih hemat 1 jari. ya gak...?? hehe maksud gue dengan mengetik 10 jari akan lebih cepat selesai dan  hemat waktu. 

        Sekarang mungkin sudah jarang yang mengetik dengan menggunakan Mesin Tik, dulu, waktu SMP, gue sering banget menggunakan itu untuk mengetik berita yang ditulis ayah, nah dari situ mungkin yang membuat gue senang mengetik. Saking hobby-nya mengetik, teman gue meminjamkan papan keyboardnya (*itupun keyboard rusak), dan diberikan sebuah buku teknik mengetik 10 jari. Dari situ awalnya gue belajar tentang fungsi dari setiap jari-jari kita. sayang  banget kan kalau kalian hanya memakai 2 telunjuk kalian, apa kalian tidak kasihan...?  

     Mungkin begini nih tekniknya, maaf ya, bukan menggurui... Letakan  semua jari kalian di atas keyboard,  Jari telunjuk kiri pada tombol "F" dan Telunjuk kanan pada tombol "J", disitulah sebenarnya posisi awal kalau kita mau mengetik. makanya pada kedua tombol itu terasa ada benjolan sedikit, saya pikir itulah maksudnya kedua benjolan itu ada. hehe. Agar lebih jelas posisi jari kita saat mengetik, gue cari salah satu contohnya nih di om google . 

Ini nih Fungsi setiap jari tangan kita.
Pada tangan kiri.
Jari kelingking Untuk memencet tombol Q, A, Z, 1 , TAB, CAPSLOCK, SHIFT dan CTRL
Jari manis Untuk memencet tombol W, S, X, 2, 3
Jari Tengah untuk memencet tombol C, D, E, 4
Jari Telunjuk Untuk memencet tombol E, F, V, T, G, B, 5, 6
Ibu jari kiri  Tombol spasi dan ALT
Pada tangan kanan
Ibu Jari kanan sama dengan ibu jari kiri digunakan secara bergantian
Jari telunjuk kanan Untuk tombol Y, H, N, U, J, M, 7, 8
Jari tengah kanan Untuk tombol L, K dan koma+petik
Jari manis kanan untuk tombol O, L, titik +>  dan 9
Jari kelingking untuk tombol P, Titik koma, slash, 0 dan tombol lainnya yang berada dikanannya.

        Awalnya memang lebih lambat dari kalian mengetik 11 jari, tapi jika kalian sabar dan serius melatihnya, lambat laun akan lebih cepat dan bahkan nanti jika sudah mahir, kalian tidak perlu melihat lagi, bahkan akan jauh lebih mengasyikkan.  Kalian tidak lagi menghabiskan waktu seharian hanya untuk mengetik saja, tapi bisa memanfaatkan waktu untuk melakukan kegiatan yang lain. 

        Setiap orang mungkin punya cara sendiri dalam melatih teknik mengetik, kalau cara gue, selain mengetik teks-teks yang ada di buku ,juga mengetik lagu-lagu yang sudah dihafal di luar kepala. lagu tersebut di ketik berulang-ulang, jadi jari tangan akan terbiasa bekerja sesuai tugas yang diperintahkan oleh otak kita. Masalah berapa lama agar dapat menguasai teknik mengetik 10 jari, jawabannya hanya satu  "man jadda wajada ".  Cobalah.

Tidak ada komentar: